Dosen PNUP Raih Gelar PhD di Australia

Written By Unknown on Selasa, 30 Oktober 2012 | 12.45

Tribun Timur - Selasa, 30 Oktober 2012 13:23 WITA

Muhammad Suradi, mahasiswa PhD Bidang Civil & Resource Engineering The University of Western Australia melaporkan dari Perth, Australia

PERTH, TRIBUN-TIMUR.COM -Salalah seorang dosen Politeknik Negeri Ujung Pandang, Andi Muhammad Shiddiq Yunus, berhasil menyelesaikan studi PhD di Curtin University (Department of Electrical & Computer Engineering, Centre for Smart Grid and Sustainable Power System), Perth, Australia.  Bidang studi yang diambil adalah pendayagunaan energy terbarukan (renewable energy) dengan judul desertasi: Application of SMES Unit to Improve the Performance of Doubly Fed Induction Generator Based WECS.  SMES (Superconducting Magnetic Energy Storage) merupakan suatu teknologi yang diterapkan di dalam system konversi energy.  

Teknologi ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan teknologi lainnya yang memiliki fungsi yang sama, yakni efisiensi tertinggi, berkisar 90 % – 99 %. Penerapan teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan energy, khususnya energy listrik dari sumber terbarukan dan ramah lingkungan.

Selama masa studinya, Shiddiq merupakan mahasiswa yang sangat produktif membuat karya ilmiah dengan menghasilkan 6 publikasi jurnal internasional dan 11 publikasi konferensi internasional.  Salah satu publikasi ini dimuat pada jurnal highly awarded di bidang electrical engineering, yaitu; IEEE Transaction on Applied Superconductivity, dengan judul karya ilmiah:  Application of SMS to Enhance the Dynamic Performance of DFIG during Voltage Sag and Swell.

Keberhasilan Shiddiq dan para mahasiswa serta lulusan program pascasarjana lainnya dalam penyusunan karya ilmiah yang diterbitkan di media publikasi internasional diharapkan akan meningkatkan citra Indonesia dalam referensi internasional bidang sains dan teknologi.  Selama ini, karya ilmiah di media publikasi internasional yang dihasilkan oleh scholars asal Indonesia terasa sangat kurang dibandingkan dengan negara tetanggapun sesama negara berkembang seperti Malaysia dan Singapura.  

Oleh karena itu, program belajar dan lanjut studi di luar negeri perlu terus dilanjutkan dan diberdayakan.  Hal yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan dalam program ini adalah pengutamaan pada program studi yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah urgen bangsa dan negara ini.  Hal lain adalah pemberdayaan lulusan secara maksimal sesuai bidang keahliannya masing-masing. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Dosen PNUP Raih Gelar PhD di Australia

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2012/10/dosen-pnup-raih-gelar-phd-di-australia.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Dosen PNUP Raih Gelar PhD di Australia

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Dosen PNUP Raih Gelar PhD di Australia

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger