Guru SD Setuju Penghapusan IPA dan IPS

Written By Unknown on Rabu, 24 Oktober 2012 | 12.45

Tribun Timur - Rabu, 24 Oktober 2012 12:38 WITA

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM- Wacana penghapusan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat Sekolah Dasar (SD) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), ikut menimbukan pro dan kontra di kalangan Guru-Guru SD di Makassar.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud), Prof Dr Musliar Kasim mengatakan akan dibuatnya kurikulum yang berbasis pembentukan karakter bagi siswa. Sehingga, jika diberlakukan kurikulum sikap tersebut, Mata perlajaran IPA dan IPS akan hilang.

Mata pelajaran di tingkat sekolah dasar akan ditekankan pada pembentukan karakter dan moral. Agar siswa dilatih lebih jujur, bersih dan disiplin. Dengan begitu, mata pelajaran pokok di SD adalah, Agama, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Pancasila, Bahasa Indonesia dan Matematika.

"Kami setuju jika IPA dan IPS itu hilang. Tapi, materinya harus tetap ada,"ungkap Guru SD Inp Lanraki 1 Telkomas, Mihraya kepada Tribun, Rabu (24/10/2012).

Guru kelas V ini menambahkan, hal  tersebut akan memberikan kemudahan bagi siswa dan guru. Terlebih untuk siswa SD sebaiknya hanya dibebankan pelajaran seputar baca, tulis dan hitung.

Senada dengan Mihraya,  Ahmadia ,Guru SD Inp Pajaiang 2, mengatakan  setuju dengan penghapusan IPS  karena materi  pelajaran IPS dapat dimasukkan ke dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Namun, untuk pelajaran IPA sebaiknya perlu dikaji ulang. Hal ini karena, pelajaran IPA masih penting untuk dipahami oleh siswa, sebab IPA adalah ilmu alam (eksakta). (*)

Editor : Muh. Taufik


Anda sedang membaca artikel tentang

Guru SD Setuju Penghapusan IPA dan IPS

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2012/10/guru-sd-setuju-penghapusan-ipa-dan-ips.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Guru SD Setuju Penghapusan IPA dan IPS

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Guru SD Setuju Penghapusan IPA dan IPS

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger