Bankers Sulsel: Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Meningkat

Written By Unknown on Selasa, 20 November 2012 | 12.45

Tribun Timur - Selasa, 20 November 2012 12:46 WITA

Makassar, Tribun -- Pertumbuhan ekonomi Sulsel menunjukkan tren peningkatan yang signifikan. Dalam lima tahun terakhir, angkanya selalu melampaui pertumbuhan ekonomi nasional. Hal tersebut terungkap dalam pertemuan antara Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, dengan para bankers Sulsel, di Baruga Sangiaseri, Makassar, Selasa (20/11/2012).

"Lima tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi selalu di atas rata-rata nasional. Hal ini tidak pernah terjadi pada periode-periode sebelumnya," kata Ony Gappa, Direktur Bank Panin Makassar.

Ony mengatakan, tren ekonomi tersebut, membuat pihak perbankan harus melakukan hal yang lebih banyak, khususnya dalam hal peningkatan kesejatan rakyat. Misalnya, pembiayaan dalam pertanian, peternakan, termasuk di sektor perdagangan dan usaha kecil.

"Tentu saja, membutuhkan sinergi dengan pemerintah dan pengusaha untuk menggerakkan konsep ini sehingga berujung pada pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan," ujarnya.

Ony juga mengkritisi jika ada pihak-pihak yang mengatakan bahwa kondisi tersebut hanyalah klaim dari Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo untuk kepentingan politik. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi tersebut adalah fakta dari sebuah analisa perbankan yang mendalam.

"Ini bukan klaim Pak Gubernur, tapi fakta dari sebuah analisa," tegasnya.

Hal tersebut dibenarkan Pimpinan Bank Indonesia, Mahmud. Dia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi di Sulsel pada triwulan III 2012 mencapai 8,40 persen. Angka tersebut meningkat dari triwulan II yang hanya 8,01 persen.

Pertumbuhan ekonomi Sulsel banyak dipengaruhi oleh sektor keuangan yang ikut tumbuh 20,4 persen, sektor komunikasi 14 persen, dan konstruksi 12 persen. Hanya, terjadi kontraksi di sektor pertambangan sebesar 1,7 persen.

"Penyumbang terbesar adalah sektor perdagangan, disusul pertanian, dan perbankan," urainya.(*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Bankers Sulsel: Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Meningkat

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2012/11/bankers-sulsel-pertumbuhan-ekonomi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Bankers Sulsel: Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Meningkat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Bankers Sulsel: Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Meningkat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger