Sudah Tiga Hari Agustinus Bertahan di Menara SUTET

Written By Unknown on Sabtu, 02 Februari 2013 | 12.45

Tribun Timur - Sabtu, 2 Februari 2013 13:05 WITA

JAKARTA, TRIBUN-TIMUR.COM--Tiga hari sudah Agustinus Worowuli berada di atas menara SUTET yang berada di depan Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Meski kelaparan, dia tetap tidak mau turun.

Pria asal Surabaya, Jawa Timur, tersebut pertama kali naik menara itu pada Kamis (31/1/2013) pagi. Ketika akan dievakuasi petugas pemadam kebakaran, dia malah marah.

Siprianus Sadi (32), saudara Agustinus, mengungkapkan bahwa Agustinus merupakan orang yang kuat. Dia pernah tidak makan sebulan, cukup minum saja.

Menurut Suprianus, Agustinus sempat turun ke ketinggian 10 meter untuk meminta air minum. Setelah mengambil satu botol air minum yang diberikan Siprianus, dia pun kembali naik.

Siprianus juga mengungkapkan, saudaranya itu sebenarnya ingin turun karena mulai kelaparan. Namun, ia meminta pihak kepolisian, anggota Komisi III, serta pengacara bernama Ester yang datang agar tidak berada di lokasi menara SUTET itu.

"Dia lapar, saat diminta turun, ia meminta supaya orang-orang di sini tidak ada, maka dia akan turun sendiri," kata Siprianus, beberapa waktu lalu.

Ketika Sabtu (2/2/2013) pagi hujan turun mengguyur Ibu Kota, Agustinus tetap bertahan di atas menara SUTET. Dia tampak menggunakan jas hujan. Entah sampai kapan Agustinus mengakhiri aksinya itu.

Masalah pencaplokan tanah diduga memengaruhi Agustinus Worowuly untuk melakukan aksi nekatnya itu. Hal ini diketahui setelah Agustinus melemparkan beberapa berkas yang ditujukan kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia, Ketua Satgas Mafia Hukum, Ketua DPR RI, dan Ketua Mahkamah Konstitusi.

Belum diketahui apa isi berkas yang dibungkus dalam empat buah amplop cokelat tersebut. Selain itu, pria berusia 44 tahun ini juga melemparkan secarik surat pembelaan atas permasalahan yang tengah ia hadapi.

"Tadi dia melempar empat berkas dan sebuah surat pembelaan. Tapi saya juga masih belum tahu apa isi berkas ini. Ini masih belum saya buka. Nanti saya kasih kepada tertuju saja," ujar Ester Christina, seorang pengacara dari Pos Bantuan Hukum Indonesia, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Di dalam surat pembelaan tersebut, warga Jalan Trunojoyo Nomor 33, Surabaya, Jawa Timur, teresbut menyebutkan, awal mula kasus ini timbul saat ia datang ke Jakarta karena adanya surat rekomendasi dari Ketua MK tertanggal 27 September 2010 dan dari Ketua DPR RI tertanggal 25 April 2011. Namun, belum jelas mengapa ia direkomendasikan untuk datang ke Jakarta oleh kedua pihak tersebut.

Ester mengatakan, Agustinus merupakan kliennya atas kasus pidana karena membakar sebuah ban mobil yang dilakukannya di Kantor Sekretaris Negara pada 2010. "Saya datang ke sini atas permintaan Agustinus. Saya hanya menangani kasus pidana saja waktu itu, kalau urusan lain saya belum tahu," ujarnya.

Akibat perbuatannya tersebut, Agustinus divonis 10 bulan penjara. Setelah keluar dari rumah tahanan, ia kembali membuat sensasi dengan memanjat menara listrik di kawasan Senen, Jakarta Pusat, pada Februari 2012. Atas perbuatannya, pria kelahiran Flores 23 Juni 1968 itu kembali mendekam di balik jeruji besi selama enam bulan.

"Agustinus baru keluar dari penjara karena memanjat tower listrik di Senen. Namun ia berulah lagi hari ini (Kamis, 30/1/2013)," kata Ester.

Menurut Ester, perbuatan yang Agustinus lakukan diawali oleh rasa ketidakpuasannya atas pencaplokan tanah di Surabaya pada 2010. Hingga kini belum diketahui siapa pemilik tanah tersebut. "Karena itu ia meminta untuk ketemu dengan petugas Satgas Mafia Hukum yang berada di kantor Sesneg. Tetapi tidak ada yang mau menemuinya, makanya ia melakukan pembakaran," kata Ester.

Sampai saat ini Agustinus masih bertahan di tower bertegangan 150.000 volt tersebut. Arus lalu lintas di sekitar lokasi tersendat karena banyak orang ingin melihat aksi nekat ini.


Anda sedang membaca artikel tentang

Sudah Tiga Hari Agustinus Bertahan di Menara SUTET

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2013/02/sudah-tiga-hari-agustinus-bertahan-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sudah Tiga Hari Agustinus Bertahan di Menara SUTET

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sudah Tiga Hari Agustinus Bertahan di Menara SUTET

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger