Haji Abdullah Buat Kapal Restoran Pesanan Thailand

Written By Unknown on Minggu, 24 Maret 2013 | 12.45

Tribun Timur - Minggu, 24 Maret 2013 13:31 WITA

TRIBUN-TMUR.COM -- Haji Abdullah kini sedang membuat kapal untuk difungsikan sebagai restoran di Tanah Beru, Bulukumba. Kapal senilai Rp 1 miliar itu merupakan pesanan pengusaha dari Thailand.

"Ini kapal untuk restoran di Thailand. Sekitar tiga bulan lagi sudah selesai," kata Abdullah kepada 16 wartawan yang sedang mengikuti touring Suzuki Inasuma  Makassar-Toraja-Makassar, Minggu.

Abdullah membuat kapal untuk restoran mewah itu sesuai gambar yang diinginkan pemesannya. Kapal ini hanya dikerjakan dengan enam orang pekerja.

Abdullah adalah salah seorang pembuat kapal di Tanah Beru. Karena keterampilannya itu ia sempat tinggal di Amerika utara selama enam bulan untuk membuat perahu phinisi.

Orang Amerika menurutnya sempat heran melihat keterampilannya membuat kapal atau perahu dari bahan kayu. Sebab tanpa gambar detil ia bisa membuat kapal atau perahu sesuai keinginan pemesannya.

"Tahun 1986 saya di Amerika buat phinisi selama enam bulan. Pulangnya saya membawa uang dolar banyak," katanya tanpa menyebut jumlahnya.
Baru beberapa pekan ini ayah dari enam anak ini juga menyelesaikan dua kapal pesanan dari Belanda. Kapal itu masing masing bertonase 350 ton. Masing masing kapal itu hanya dikerjakan enam orang selama enam bulan. Kapal dengan panjang dek 40 meter itu dihargai Rp 2 miliar per kapal.
Lelaki berusia 54 tahun ini bukan hanya menerima order kapal pesiar atau restoran saja, tetapi juga pernah membuat kapal kargo bermuatan 100 ton lebih.

Abdullah mulai ambil kontrakan buat lapal tahun 1980 dan sebelumnya hanya sebagai tukang pembuat kapal. Kini ia justru mempekerjakan puluhan orang untuk memenuhi pesanan dari berbagai negara.(*)

Editor : Muh. Taufik


Anda sedang membaca artikel tentang

Haji Abdullah Buat Kapal Restoran Pesanan Thailand

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2013/03/haji-abdullah-buat-kapal-restoran.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Haji Abdullah Buat Kapal Restoran Pesanan Thailand

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Haji Abdullah Buat Kapal Restoran Pesanan Thailand

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger