Mendeteksi Kerusakan Mesin Motor Lewat Asap Knalpot

Written By Unknown on Minggu, 17 Maret 2013 | 12.45

Tribun Timur - Minggu, 17 Maret 2013 13:08 WITA

Laporan Wartawan Tribun Timur, Hasriyani Latif

Makassar, Tribun - Terkadang, banyak yang tidak menyadari bahwa mesin sepeda motor yang mereka kendarai mengalami kerusakan. Ini karena sebagian besar gejala kerusakan tidak serta merta membuat mesin rusak fatal.

Kepala Bagian Service Cabang PT Sinar Galesong Pratama (diler sepeda motor Suzuki di Makassar), Muhammad Gairil Gaus, mengatakan, 75 persen gejala kerusakan mesin yang ada  biasanya tidak langsung membuat mesin sepeda motor tersebut rusak fatal.

Menurutnya, butuh waktu pemakaian yang cukup lama sampai mesin motor tersebut rusak fatal hingga motor tidak dapat dihidupkan sama sekali.

Dikatakan, untuk mendeteksi kerusakan mesin, cukup perhatikan dan kenali warna gas buang hasil pembakaran yang keluar pada knalpot sepeda motor.

"Caranya dengan menghidupkan mesin sepeda motor. Lalu putar penuh grip gas motor dan tahan sampai kurang lebih dua hingga lima detik," katanya di Makassar, Minggu (17/3/2013).

Setelah itu, kata dia, perhatikan gas
buang hasil pembakaran yang keluar pada knalpot. Dari warna tersebut, dapat diketahui apakah terdapat kerusakan pada mesin atau tidak.

Berikut ciri-ciri kerusakan mesin berdasarkan warna gas buang yang dihasilkan, seperti dikemukakan Kepala Bagian Service Cabang PT Sinar Galesong Pratama, Muhammad Gairil Gaus:

•Asap Knalpot berwarna Putih.
Ini menandakan adanya oli mesin yang sebenarnya bertugas melumasi transmisi dan komponen mesin yang lain justru ikut terbakar didalam ruang bakar mesin. Hal ini mengakibatkan campuran udara dan bahan bakar tidak sempurna. Jika begini, biasanya kerusakan terjadi pada ring Piston maupun Oli seal Mesin.

•Asap knalpot berwarna hitam.
Ini menandakan tidak seimbangnya campuran udara dan bahan bakar yang terbakar di ruang pembakaran. Asap hitam ini ditimbulkan oleh tidak seimbangnya campuran bensin dan udara atau dengan kata lain bensin lebih banyak yang terbakar dibanding udara.

Dengan timbulnya asap hitam pada gas buang dapat dipastikan motor tersebut boros pemakaian bahan bakar. Dengan kondisi seperti ini, biasanya hanya perlu dilakukan penyetelan ulang pada karburator.

•Asap knalpot tidak menimbulkan warna asap sama sekali.
Dapat dipastikan bahwa motor yang kita miliki aman-aman saja. Komponen mesin tersebut dalam keadaan baik alias terbebas dari gangguan kerusakan pada mesin. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Mendeteksi Kerusakan Mesin Motor Lewat Asap Knalpot

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2013/03/mendeteksi-kerusakan-mesin-motor-lewat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mendeteksi Kerusakan Mesin Motor Lewat Asap Knalpot

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mendeteksi Kerusakan Mesin Motor Lewat Asap Knalpot

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger