Pegiat HAM Dibekali Gelang Pengirim Sinyal Bahaya

Written By Unknown on Sabtu, 06 April 2013 | 12.45

Tribun Timur - Sabtu, 6 April 2013 13:41 WITA

TRIBUN-TIMUR.COM--Sebuah gelang dengan teknologi tinggi dalam waktu dekat akan dibagikan untuk membantu pegiat HAM dan pekerja sosial dari ancaman penculikan dan pembunuhan.

Gelang ini dikembangkan oleh kelompok Pembela Hak Sipil sebagai upaya untuk membantu para pekerja sosial di kawasan perang dan daerah konflik lainnya.

Bila dipicu, gelang ini akan menjadi telepon dan teknologi navigasi satelit untuk memberi peringatan bahwa sang pemakai dalam keadaan bahaya.

Alarm bahaya bisa dipicu secara manual oleh pekerja sosial jika merasa menghadapi ancaman bahaya atau terpicu secara otomatis jika gelang dipaksa dibuka.

Alarm mengirimkan informasi tentang pemiliknya dan lokasi mereka berada. Staf terdekat lainnya juga akan mendapatkan alarm bahaya ini sehingga bisa segera memberi bantuan.

Selain itu gelang ini juga menyambungkan para pekerja sosial dengan sosial media dengan harapan keterlibatan global bisa menjadi pencegah bagi orang yang berencana menyerang pekerja sosial.

Peringatan juga dikirim dalam bentuk pesan ke Facebook dan Twitter untuk meminta bantuan dan menjamin orang tersebut tidak menghilang tanpa jejak.

''Bagi kami ini akan membantu yang lainnya yang berada dalam bahaya,'' kata direktur eksekutif Pembela Hak Sipil Robert Hardh.

''Para pegiat HAM dan pekerja sosial ini mempertaruhkan hidup mereka untuk orang lain agar mereka mendapatkan hak untuk memilih, atau melakukan ibadah sesuai agama mereka atau kebebasan berpendapat.''

Penggunaan gelang ini juga bisa memberi tekanan bagi pemerintah untuk mencari atau membebaskan mereka yang diculik atau penjara.

Sekitar 55 Gelang pertama akan segera diberikan hingga akhir tahun 2014 dan di saat bersamaan juga tengah berlangsung pengumpulan dana untuk membuat lebih banyak gelang serupa.

Pegiat HAM mulai membuat gelang teknologi tinggi menyusul insiden penculikan dan pembunuhan pegiat HAM etnis Chechen, Natalia Estemirova di tahun 2009.

Estemirova sebelumnya terlibat dalam pengumpulan dokumen yang membuktikan penyiksaan terhadap warga sipil oleh pemerintah dukungan milisi.


Anda sedang membaca artikel tentang

Pegiat HAM Dibekali Gelang Pengirim Sinyal Bahaya

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2013/04/pegiat-ham-dibekali-gelang-pengirim.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pegiat HAM Dibekali Gelang Pengirim Sinyal Bahaya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pegiat HAM Dibekali Gelang Pengirim Sinyal Bahaya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger