UNM-UIN Alauddin Siap Terima Pendaftar SBMPTN

Written By Unknown on Rabu, 08 Mei 2013 | 12.45

Tribun Timur - Rabu, 8 Mei 2013 13:07 WITA

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM--Panitia lokal 80 Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin siap menerima pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Panlok 80 siap menyelenggarakan SBMPTN," ujar Wakil Rektor 1 UNM, Prof Sofyan Salam MA PhD pada jumpa pers Panlok 80 UNM-UIN di Hotel Lamacca UNM, Jl AP Pettarani, Makassar, Rabu (8/5/13).

Jumpa pers ini dihadiri Rektor UNM Prof Dr Arismunandar MPd, Rektor UIN Alauddin Prof Dr A Qadir Gassing, para wakil rektor, dan kepala biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan kedua kampus.

Tahun ini kedua kampus siap menerima 5.000 mahasiswa baru untuk beberapa jalur penerimaan maba di antaranya SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri.

Jalur SBMPTN dijadwalkan mulai dibuka Senin 13 Mei mendatang, atau tinggal 1 pekan lagi. Seleksi SBMPTN ini merupakan seleksi tes tertulis dan atau keterampilan untuk calon mahasiswa yang lulus dari SMA/MA/SMK tahun 2011, 2012, dan 2013.

Di Makassar, universitas negeri yang menjadi panitia lokal pendaftaran jalur SBMPTN yakni Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk panlok 82 dan Universitas Negeri Makassar (UNM) kerja sama dengan UIN Alauddin untuk Panlok 80.

Peserta ujian tertulis kali ini dapat memilih tiga program studi dengan tiga kelompok ujian yang disediakan. Jika pada tahun lalu tiga kelompok tersebut adalah IPA, IPS, dan IPC, maka kali ini terdiri dari kelompok Sains-Teknologi, kelompok Sosial-Humaniora, dan kelompok campuran.

Pada jalur SBMPTN 2013, untuk kelompok ujian saintek, siswa dapat memilih tiga program studi sains dan teknologi. Bagi kelompok ujian soshum, siswa bisa memilih tiga program studi sosial dan humaniora. Adapun kelompok ujian campuran, dapat memilih program studi campuran dari kedua kelompok itu.

Peserta ujian yang memilih dua program studi atau tiga program studi, salah satu pilihan program studinya harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian.

SBMPTN 2013 diikuti 62 PTN dengan tambahan PTN baru, yakni IAIN Walisongo, Semarang. Seleksi ini dapat diikuti siswa yang telah lulus Ujian Nasional 2011, 2012, dan 2013. Adapun SNMPTN 2013 hanya diperuntukkan bagi siswa yang akan lulus UN tahun 2013.


Anda sedang membaca artikel tentang

UNM-UIN Alauddin Siap Terima Pendaftar SBMPTN

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2013/05/unm-uin-alauddin-siap-terima-pendaftar.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

UNM-UIN Alauddin Siap Terima Pendaftar SBMPTN

namun jangan lupa untuk meletakkan link

UNM-UIN Alauddin Siap Terima Pendaftar SBMPTN

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger