Harga BBM Masih Picu Inflasi Hingga Agustus

Written By Unknown on Selasa, 09 Juli 2013 | 12.45

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) diprediksi masih akan memberikan dampak terhadap inflasi Sulsel hingga Agustus mendatang. Hal ini mengemuka dalam acara High Level Meeting dan Workshop Inflasi yang digelar Forum Koordinasi Pemantauan dan Pengendalian Inflasi (FKPPI) Sulsel di Lantai 4 Kantor Perwakilan BI Wilayah I Sulampua, Jl Jend Sudirman, Makassar, Senin (8/7/2013).

Kepala Divisi Ekonomi Moneter Kantor Perwakilan BI Wilayah I Sulampua, Gusti Raizal Eka P, mengatakan, kenaikan harga BBM memicu meningkatnya biaya transportasi dan diprediksi dampaknya masih akan terasa hingga Agustus.

Pada Juni 2013, inflasi Sulsel sebesar 4,36 persen (yoy) lebih tinggi dari tahun sebelumnya yakni 3,85 persen (yoy). Meski demikian, inflasi Sulsel pada Juni masih lebih rendah dari inflasi nasional sebesar 5,90 persen.

Disebutkan, penyumbang utama inflasi sebagian besar berasal dari komoditas non pangan, salah satunya bensin. Namun, gangguan pasokan dan permasalahan distribusi bahan pangan dan non pangan menjadi penyebab tekanan inflasi.

Olehnya itu, pasokan komoditas pangan dan non pangan serta distribusi harus terjaga dengan baik. Begitu juga keterbukaan informasi harga komoditas juga berperan dalam pengendalian inflasi.

Pembbentukan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dinilai efektif meredam gejolak harga-harga kebutuhan pokok, utamanya penjelang perayaan hari raya besar keagamaan, seperti saat ini.

"BI maupun pemerintah berharap agar TPID dibentuk disetiap kabupaten/kota. Ini penting sebagai upaya mitigasi potensi inflasi maupun penanganannya," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang membuka Workshop Inflasi, mengatakan, upaya pengendalian inflasi kali ini jauh lebih berat karena berkaitan dengan dampak kenaikan harga BBM bersubsidi.

Olehnya itu, kerjasama dan koordinasi kebijakan lintas sektor serta dukungan pemerintah daerah sangat perlu dalam upaya pengendalian inflasi. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Harga BBM Masih Picu Inflasi Hingga Agustus

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2013/07/harga-bbm-masih-picu-inflasi-hingga.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Harga BBM Masih Picu Inflasi Hingga Agustus

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Harga BBM Masih Picu Inflasi Hingga Agustus

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger