Trik Dilirik Bos Baru, Kenali Dulu Karakternya

Written By Unknown on Rabu, 16 Oktober 2013 | 12.45

TRIBUN-TIMUR.COM -Memiliki bos baru memang tidak selamanya menyenangkan, karena sebagai anak buah Anda harus beradaptasi dengannya. Agar memudahkan proses 'pendekatan', kenali tipe seperti apa bos baru Anda tersebut. 

Berikut beberapa tipe bos yang bisa Anda gunakan sebagai panduan : 

Bos Tipe instruktur

Jika Anda termasuk orang baru dan punya pengalaman yang terbatas, Anda akan cocok berhadapan dengannya. Begitupun jika Anda tipikal yang kurang memiliki motivasi, dijamin bakal klik dengannya. Namun, jika Anda termasuk yang punya kemampuan di atas rata-rata, berkualitas unggul, dan tidak ingin terkekang, siap-siap saja. Anda bakal kewalahan menghadapi bos ini.

Namun, tetap ada celah untuk bisa berdamai kok dengan bos tipe ini. Hindari berkonfrontasi dengannya. Bagaimanapun ia selalu ingin terlihat sebagai orang yang paling mengerti persoalan. Akomodir keinginannya itu dengan sesekali bertanya apa yang ia inginkan dari Anda. Jika Anda ingin melakukan sesuatu yang berbeda, informasikan kepadanya terlebih dulu. Mintalah pendapatnya, meski Anda mungkin sudah tahu jawabannya.

Bos tipe "problem solving"

Sebenarnya menghadapi atasan seperti ini lebih mudah. Ia akan senang pada bawahan yang mau berbagi tanggung jawab dengannya. Jangan ragu mengatakan "apa yang bisa saya bantu?" Ia akan sangat appreciate dengan bawahan yang mau belajar dan bermotivasi tinggi dalam bekerja. Lakukan juga pendekatan personal kepadanya. Karena ia juga menginginkan hubungan yang tak berjarak dengan bawahan. Usahakan selalu terlihat di matanya.

Bos tipe partisipator

Jika kemampuan Anda di atas rata-rata rekan lain, pasti akan merasa nyaman bekerjasama dengan bos ini. Atau bila Anda punya motivasi yang kuat, meski pengalaman dan kemampuan masih harus ditingkatkan, Anda pun bakal cocok dengannya. Karena ia sangat menghargai usaha Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Ia akan bete dengan bawahan yang tidak punya inisiatif dan bersifat menunggu bola.

Bos tipe delegator

Anda yang punya rasa percaya diri tinggi dalam mengerjakan tugas, punya pengalaman dan keahlian memadai untuk mengerjakan tugas yang jelas dan rutin, tidak akan kewalahan menghadapi bos ini. Begitu pun jika Anda orang yang berani bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas sesulit apapun, serta memiliki kinerja di atas rata-rata pekerja pada umumnya. Pasti mudah merebut perhatiannya.

Dalam praktek sehari-hari, atasan juga sering kali mengombinasikan dua tiga tipe kepemimpinan.  Jadi,  pintar-pintarlah berakrobatik dengan gaya manajerial yang diperlihatkan atasan. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Trik Dilirik Bos Baru, Kenali Dulu Karakternya

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2013/10/trik-dilirik-bos-baru-kenali-dulu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Trik Dilirik Bos Baru, Kenali Dulu Karakternya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Trik Dilirik Bos Baru, Kenali Dulu Karakternya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger