JK Soekarno dan NTT

Written By Unknown on Jumat, 29 November 2013 | 12.45

Citizen Reporter, Egy Massadiah, Eksekutif Producer Film Ketika Bung di Ende melaporkan dari Jakarta

TRIBUN-TIMUR.COM -Siapa yang tak kenal nama Soekarno atau yang juga dikenal Bung Karno? Sebagian besar dari kita tentu mengetahui presiden pertama RI tersebut. Begitu pentingnya peran Bung Karno dalam perjalanan kemerdekaan indonesia, banyak sekuel kehidupannya yang jadi pelajaran bagi siapapun saat ini.

Bung karno adalah tokoh proklamator yang sejak masa mudanya hingga wafatnya menempatkan komitmen persatuan di atas segala-galanya. Bung Karno juga merupakan tokoh yang mau bergerak membangkitkan semangat persatuan dan patriotisme pemimpin-pemimpin daerah demi kemerdekaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Jusuf Kalla dalam kata pengantarnya di Bung Karno Ata Ende yang peluncurannya bersamaan dengan peluncuran film berjudul Ketika Bung di Ende (KBDE), Kamis (28/11/2013) di Djakarta Theater, Jakarta.

JK menungkapkan pandangannya tersebut dalam perjalanannya dari Yogyakarta menuju Manado saat dimintai kesediaannya untuk memberikan kata pengantar dan Beliau mengiyakannya.

Tentang kehidupan Bung Karno, JK juga menyatakan bahwa dalam pengasingannya, Bung Karno benar-benar menjadi bagian dari Ende.

"Bung Karno dulu menyebut Ende sebagai "ujung dunia" Namun, sejarah kemudian mencatat, Bung Karno akhirnya menjadi bagian yang tidak akan pernah bisa dilepas dari tanah Ende Flores. Karenanya saya setuju dengan judul buku ini, "Bung Karno Ata Ende", yang artinya "Bung Karno Orang," tulis JK.

Pembuangan Bung Karno ke desa kecil bernama Ende memiliki banyak dampak pada proses kemerdekaan RI.

Ende adalah sebuah Kabupaten di Pulau Flores NTT yang menjadi tujuan Belanda mengasingkan Bung Karno pada 14 Januari 1934 – 18 Oktober 1938. Bung Karno diasingkan karena aktivitasnya di Partai Nasional Indonesia yan dianggap membahayakan pemerintahan Hindia Belanda.

Di Ende, dalam biografinya, Bung Karno diceritakan gemar menyendiri gemari adalah di bawah pohon sukun (Artocarpus communis) yang posisinya menghadap ke laut. Di bawah pohon sukun itulah, Bung Karno merenung merumuskan cikal bakal falsafah dasar negeri ini yang di kemudian hari kita kenal dengan nama Pancasila.

Dalam pemutaran perdana ini, KBDE juga dihadiri oleh Sukmawati Soekarnoputri. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

JK Soekarno dan NTT

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2013/11/jk-soekarno-dan-ntt.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

JK Soekarno dan NTT

namun jangan lupa untuk meletakkan link

JK Soekarno dan NTT

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger