Eks Ketua KPU Makassar Kritik Komposisi Komisioner

Written By Unknown on Kamis, 26 Desember 2013 | 12.45

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM --Mantan ketua KPU Makassar Nurmal Idrus mengkritik komposisi komisioner KPU Makassar yang ditetapkan kemarin. Menurutnya, komisioner KPU Makassar yang baru perlu merevisi dan menata ulang cara dan format pembagian tanggungjawab divisinya.  Dalam format baru yg dipakai, Ketua KPU Makassar juga bertanggungjawab pada logisitik, perencanaan dan keuangan.

"Ketua KPU Makassar bakal kewalahan. Dia juga tak bisa maksimal menjalankan fungsinya sebagai motor lembaga. Pikirannya akan terkuras untuk mengerjakan tiga tugas yang berat, logistik, perencanaan dan keuangan," ujar Nurmal, Kamis (26/12/2013).

Nurmal yang kini membentuk Lembaga Bantuan Teknis Pemilu (LBTP) menyarankan agar Divisi Antar Lembaga diberikan kepada ketua dan kemudian ketua dilepaskan dari persoalan teknis. "Ketua mengontrol semua divisi, jadi harus dilepaskan dari tanggungjawab teknis," katanya.

Ia menyodorkan format baru yang bisa jadi acuan. Ketua bertugas sebagai penanggungjawab Informasi dan antar lembaga, kemudian Divisi logistik disatukan dgn data. Divisi teknis, Divisi sosialisasi, pendidikan pemilih dan perencanaan serta divisi hukum dan keuangan.

Nurmal menenggarai kemungkinan format divisi itu mengacu pada format di KPU Provinsi sulsel. "Padahal, format di KPU provinsi itu sebenarnya dari awal sudah tak normal. Makanya, KPU Kabupaten/Kota tak mesti harus mengikutinya, toh tak ada aturan yg mengatur secara khusus tentang pembagian itu. Yg ada hanya surat edaran, dimana itu hanya bersifat saran," katanya.

Meski demikian Nurmal menghormati keputusan KPU itu. "Mereka yang akan menjalaninya, jadi tentu saja itu mereka yang tahu. Tapi, saya memprediksi format itu sangat tidak strategis dari sisi teknis dan pembagian kerja," bebernya. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Eks Ketua KPU Makassar Kritik Komposisi Komisioner

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2013/12/eks-ketua-kpu-makassar-kritik-komposisi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Eks Ketua KPU Makassar Kritik Komposisi Komisioner

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Eks Ketua KPU Makassar Kritik Komposisi Komisioner

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger