Waspada Gangguan Pada Masa Kehamilan

Written By Unknown on Minggu, 25 Mei 2014 | 12.45

Laporan : Tribun Timur/Anita Wardana

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR--Dosen Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr dr Maisuri T.Chalid, SpOG(K) mengatakan pada masa kehamilan, calon ibu harus mewaspadai ganguang kehamilan yang berisiko tinggi.

Hal tersebut disampikan dalam acara Seminar Prenagen Pregnancy Educational Journey bertajuk Periode emas Siapkan anak ke Masa Depan di Grand Clarion Hotel, Minggu (25/5/2014).

Menu ut anggota Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi (POGI) Sulsel tersebut, salah satu gangguan berisiko tinggi pada masa kehamilan yang perlu diwaspadai yakni Eclampsia.

"Eclampsia ini adalah kejang yang dialami ibu hamil akibat dari tekanan darah tinggi yang sering datang secara tiba-tiba. Untuk itu, penting secara rutin saat memeriksakan kandungan juga dicek tekanan darahnya apakah normal,"ujarnya.

Selain kejang, tekanan darah tinggi pada ibu hamil juga berdampak pada kegagalan multi organ, menyebabkan koma, gangguan pada janin hingga risiko paling berbahaya yakni kematian ibu.

Pendarahan juga menjadi salah satu gangguan kehamilan yang berisiko tinggi, baik pendarahan pada masa kehamilan ataupun pasca persalinan.

Beberapa hal yang perlu diwaspadai calon ibu pada kehamilan yakni saat usia di atas 35 tahun, riwayat seksio sesar, riwayat keluarga, anemia, diabetes, letak plasenta abnormal, dan gangguan pertumbuhan janin.


Anda sedang membaca artikel tentang

Waspada Gangguan Pada Masa Kehamilan

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2014/05/waspada-gangguan-pada-masa-kehamilan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Waspada Gangguan Pada Masa Kehamilan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Waspada Gangguan Pada Masa Kehamilan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger