Setiap Hari 2-3 Kasus Baru HIV dan AIDS Ditemukan di Sulsel

Written By Unknown on Senin, 23 Juni 2014 | 12.46

Laporan wartawan Tribun Timur: Jumadi Mappanganro

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Penyebaran HIV dan AIDS di Sulawesi Selatan kian mengkhawatirkan. Pasalnya, setiap hari rata-rata ditemukan dua hingga tiga warga yang terjangkit HIV dan AIDS di Sulawesi Selatan.

AIDS singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yakni sekumpulan gejala dan infeksi (atau: sindrom) yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) yaitu virus yang memperlemah kekebalan pada tubuh manusia.

Mereka yang terjangkit HIV hingga AIDS itu pun tak hanya menimpa komunitas/populasi berisiko tinggi semisal pekerja seksual komersial dan pengguna narkoba jarum suntik. Tapi juga telah meloncat ke populasi umum. Tak sedikit di antaranya adalah ibu rumah tangga dan anak-anak hingga remaja yang masih usia produktif.

Kondisi tersebut dikemukakan Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sulawesi Selatan Saleh Radjab MM saat berkunjung di Kantor Tribun Timur, Jl Cenderawasih No 430, Makassar, Senin (23/6/2014) pagi.

Terhitung mulai tahun 2005 hingga pertengahan Juni 2014, tercatat 7.844 warga Sulsel yang terjangkit HIV dan AIDS.  Makassar tercatat sebagai daerah di Sulsel yang terbanyak warganya terjangkit HIV dan AIDS yakni 6.428 orang. Sementara Kota Parepare, Kabupaten Gowa, dan Bulukumba juga tergolong banyak warganya yang terjangkit HIV dan AIDS.

"Jumlah penderita HIV dan AIDS di Sulawesi Selatan saat ini masuk daftar 10 besar se-Indonesia. Ini bukan prestasi, melainkan warning agar kita semua peduli untuk mencegah penyebarannya dan menanggulangi para korbannya," papar Saleh Radjab.

Saleh datang bersama rombongan KPA Sulsel lainnya. Di antaranya Saleh Radjab MM (sekretaris), Dr Arlin Adam SKM MKes (tim assistensi), Raden Mulyati SKM MKes, dan Andi Tadampali alias Andi Mangara (pokja media).

Turut hadir Nurrahim, Zainuddin (pokja pencegahan HIV dan AIDS di tempat kerja),  Maman Rahim (pokja bidang advokasi), dan Awaluddin (staf sekretariat). Mereka diterima Wakil Pemimpin Redaksi Tribun Timur Ronald Ngantung. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Setiap Hari 2-3 Kasus Baru HIV dan AIDS Ditemukan di Sulsel

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2014/06/setiap-hari-2-3-kasus-baru-hiv-dan-aids.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Setiap Hari 2-3 Kasus Baru HIV dan AIDS Ditemukan di Sulsel

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Setiap Hari 2-3 Kasus Baru HIV dan AIDS Ditemukan di Sulsel

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger