Siswa Makassar Dilatih Pantau Kebijakan Sekolah

Written By Unknown on Rabu, 16 Juli 2014 | 12.45

Laporan Wartawan Tribun Timur, Chaerul Fadli

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sekitar 30 siswa dari enam sekolah di Makassar mengikuti Launching, Local Seminar and Workshop Capacity Building Informediaries di Ruang Pola Balaikota Makassar, Jl Jenderal Ahmad Yani, Rabu (16/7/2014).

Program yang diusung Transparency International Indonesia (TII) itu memfokuskan pelibatan siswa sebagai pemantau kebijakan di sekolah masing-masing.

"Siswa yang memantau, kami hanya memfasilitasi. Kegiatan ini bertujuan membangun kesadaran kritis dan bertindak oleh siswa," ujar Presiden Direktu Skholatanpabatas, Edy Juspar selaku ketua panitia kegiatan itu.

TII bekerjasama komunitas pendidikan Skholatanpabatas merilis program Cek Sekolah Ku sebagai bentuk inisiatif pelaporan masyarakat terkait sektor pendidikan.

Fokus pemantauan yang dilakukan nantinya melingkupi seluruh kebijakan sekolah, termasuk dana.

Sekretaris Jenderal TII Dadang Trisasongko mengungkapkan, pada kenyataannya, sejumlah potensi penyimpangan sepeti pungutan dan sumbangan oleh pihak sekolah ke orangtua murid masih ada.
Menurutnya, potensi penyalahgunaan anggaran di sektor pendidikan akhir-akhir ini mengambil model penyedotan dana-dana pendidikan.

"Pentingnya partisipasi masyarakat ikut serta dalam meningkatkan kesadaran akan pengawasan menjadi salah satu mekanisme efektif membangun sistem pendidikan yang terbuka," ujar Edy menambahkan.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 09.00 wita tersebut turut menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar, Mahmud BM dan Ombudsman Sulsel, Subhan.

Selain itu, turut hadir sejumlah kepala sekolah dan pengurus komite dari sekolah yang terlibat. (*)


Anda sedang membaca artikel tentang

Siswa Makassar Dilatih Pantau Kebijakan Sekolah

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2014/07/siswa-makassar-dilatih-pantau-kebijakan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Siswa Makassar Dilatih Pantau Kebijakan Sekolah

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Siswa Makassar Dilatih Pantau Kebijakan Sekolah

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger