Australia’s Education Partnership Kerjasama dengan LPMP

Written By Unknown on Senin, 11 Agustus 2014 | 12.45

Laporan: Abdul Salam, Staf LPMP Sulsel

TRIBUN-TIMUR.COM - Kemitraan Pendidikan Australia Indonesia bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) prov Sulsel menyelenggarakan rapat koordinasi ProDEP dengan 15 kabupaten di Sulsel. Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Horison pada Jum'at – Minggu (08 s/d 10/08/14) ini merupakan program pengembangan keprofesian tenaga kependidikan. Hadir dalam kegiatan ini 92 undangan yang terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan, Kabid Dikdas, Koordinator Pengawas, Operator data PADAMU, Kakanwil Kemenag, Kepala BKD dari 15 kabupaten di Sulsel.

Professional Development for Education Personnel (ProDEP) ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah Australia terhadap pengembangan keprofesian tenaga kependidikan di Indonesia melalui Kemdikbud. Dengan program ini diharapkan dapat diwujudkan pengelolaan sekolah dan madrasah di 250 Kabupaten/Kota di 34 provinsi di Indonesia menjadi lebih baik.

Dalam laporannya, penganggungjawab kegiatan ini, DR. Abdul Halim Muharram, mengatakan bahwa secara umum kegiatan ini mendukung perancangan, pengembangan, pelaksanaan dan pengevaluasian program-program pengembangan keprofesian (PPK). "Antara lain dukungannya meliputi; Program Pengembangan Kapasitas Pendidikan Pemerintah Daerah (PPKPPD) di Kabupaten/Kota dan Provinsi, Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS), Program Pendampingan Kepala Sekolah oleh Pengawas Sekolah/Madrasah (PPKSPS), Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah/Madrasah (PKB KS/M)" paparnya.

Sementara itu, kepala LPMP Sulsel, Prof. Wasir Thalib, dalam sambutannya mengatakan bahwa secara umum ada lima kegiatan penting yang sedang dilaksanakan oleh LPMP saat ini. "agenda LPMP di tahun ini melaksanakan Diklat Implementasi Kurikulum 2013, diklat PLPG untuk sertifikasi Guru bekerjasama dengan UNM dan Unismuh, terlibat dalam proses penerimaan CPNS yang berbasis komputer (Computer Assisted Test), menjalankan program Sekolah Berbasis Standar Nasional Pendidikan (SBSNP) yang melibatkan beberapa sekolah di Kota Makassar, Kab Bantaeng, Kab Sinjai, Kab Toraja Utara, dan program ProDEP ini" ujarnya.

Wasir Thalib juga menambahkan bahwa program ProDEP ini adalah salah satu bentuk kegiatan yang dananya bersumber dari hibah murni Pemerintah Australia. "Pemerintah Australia melalui Kemitraan Pendidikan Australia Indonesia memberikan AUD 110 juta hibah murni untuk program ProDEP ini kepada 250 kabupaten se Indonesia" tutupnya.

Selain LPMP, Instansi-instansi lain yang melaksanakan program-program pengembangan keprofesian yang didanai ProDEP ini adalah Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS), Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK), dan Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan (Pusbang Tendik) yang juga merupakan pemegang tanggungjawab utama.


Anda sedang membaca artikel tentang

Australia’s Education Partnership Kerjasama dengan LPMP

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2014/08/australiaas-education-partnership.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Australia’s Education Partnership Kerjasama dengan LPMP

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Australia’s Education Partnership Kerjasama dengan LPMP

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger