Hati-Hati Transaksi Internet Banking

Written By Unknown on Minggu, 07 September 2014 | 12.45

Laporan Wartawan Tribun Timur Hajrah

‎TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR- Transaksi elektronik tidak selamanya menjamin keamanan nasabah.

Terbukti dari beberapa tindak pidana yang pernah ditangani kepolisian, penggunaan internet banking masuk dalam kategori tersebut.

Beberapa waktu lalu Dir Reskrimsus Polda Sulsel, Petrus Waine‎ di sela-sela sosialisasi dan seminar penanganan tindak pidana perbankan, yang digelar di Hotel Aryaduta Makassar, mengatakan, saat ini masyarakat harus lebih berhati-hati dalam menggunakan instrumen transaksi dari produk bank.

Ia juga mengimbau bank lebih siap dalam memberikan pelayanan kepada nasabahnya khususnya memberi rasa aman.

Dalam paparannya, Petrus mengatakan, modus tindak pidana bank untuk internet banking ‎rata-rata terkait aplikasi yang tidak aman.

"Kadang petugas bank ‎tidak aktif dalam memonitor, sehingga komunikasi dengan nasabah sulit saat terjadi masalah,"katanya.

Selain itu pemicu lain dari transaksi elektronik ada pada pengelolaan server yang‎ sistim IT nya belum tentu aman.

Dia menyebutkan bahwa jenis kejahatan bank dalam transaksi elektronik juga terkait kejahatan transaksional antar negara melalui sarana bank, baik itu penipuan, penggelapan dan pemalsuan.

Kondisi ini biasanya dilakukan mereka yang ahli dalam sistim IT seperti hacker yang memiliki keahlian mengacau sistim Server perbankan.

Diera tekhnologi yang semakin maju memang dimanfaatkan sejumlah perbankan untuk membekali nasabah dengan berbagai kemudahan transaksi elektronik.

Namun pihaknya tetap menghimbau agar didukung dengan pengawasan yang terintegrasi khususnya dalam melindungi hak-hak nasabah.

Sayangnya Petrus enggan membeberkan lebih jauh terkait jumlah penanganan yang sudah pernah dilakukan untuk wilayah‎ Sulsel.


Anda sedang membaca artikel tentang

Hati-Hati Transaksi Internet Banking

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2014/09/hati-hati-transaksi-internet-banking.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hati-Hati Transaksi Internet Banking

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hati-Hati Transaksi Internet Banking

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger