Inilah 6 Bahaya Menakutkan Jika Makan Siang di Meja Kerja

Written By Unknown on Sabtu, 07 Februari 2015 | 12.46

TRIBUN-TIMUR.COM - Setiap harinya, sekitar 67 persen pekerja kantoran ternyata makan siang di meja kerja. Ini mungkin akan menimbulkan kesan bahwa Anda berkomitmen pada pekerjaan, dan Anda berpikir bahwa pekerjaan bisa cepat selesai karena Anda lebih produktif. Benarkah?

John Trougakos, Associate Professor of Organizational Behavior & HR Management dari University of Toronto menerbitkan sebuah studi yang menyatakan, melewatkan istirahat makan siang akan menyebabkan kelelahan yang lebih besar dan produktivitas kerja yang rendah. 

Selain itu, masih ada banyak bahaya jangka panjang jika makan siang di meja kerja. 

1. Otak bekerja terlalu keras
Diduga banyak yang belum memahami artinya istirahat makan siang. Istirahat makan siang sebenarnya bukan hanya untuk jeda mengisi perut. Namun, istirahat satu jam ini sebenarnya juga bertujuan untuk mengistirahatkan otak yang sudah lelah bekerja dari pagi. 

"Semua orang punya energi psikologis yang terbatas. Energi ini digunakan untuk mengontrol perilaku, produktivitas, dan fokus pada pekerjaan. Ketika energi sudah habis maka semua hal yang dilakukan tidak akan efektif," kata Trougakos. 

Jam makan siang, akan membantu mengisi kembali tenaga lewat perut dan juga menjernihkan otak. Agar otak dan pandangan bisa jadi lebih jernih maka ada baiknya untuk memilih tempat makan siang yang punya pemandangan hijau. Penelitian dari University of Edinburgh dan Heriot-Watt University menunjukkan bahwa duduk dan makan di ruang hijau akan memiliki efek restoratif dan membantu meningkatkan kelelahan perhatian serta mempercepat pemulihan stres.

2. Perasaan lebih tertekan
Trougakos mengatakan, salah satu faktor pendorong banyaknya karyawan yang makan di meja kerja disebabkan karena ketakutan akan timbulnya citra pemalas dalam diri. Jangan takut, istirahat makan siang adalah hak Anda. Trougakos mengatakan, karyawan yang merasa tertekan akan produktivitasnya dan akhirnya makan siang di meja akan mengalami kelelahan dan perasaan makin tertekan. 


Anda sedang membaca artikel tentang

Inilah 6 Bahaya Menakutkan Jika Makan Siang di Meja Kerja

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2015/02/inilah-6-bahaya-menakutkan-jika-makan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Inilah 6 Bahaya Menakutkan Jika Makan Siang di Meja Kerja

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Inilah 6 Bahaya Menakutkan Jika Makan Siang di Meja Kerja

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger