Siapa Zohra Andi Baso?

Written By Unknown on Senin, 16 Maret 2015 | 12.45

SEJAK kabar Zohra Andi Baso dipastikan meninggal, Minggu (15/3/2015) pukul 22.22 wita, ucapan duka pun terlontar untuk almarhumah. Ucapan turut berbelasungkawa atas kepergian Zohra, pun datang dari para tokoh dan masyarakat Sulawesi Selatan.

Mereka di antaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Wali Kota Makassar Danny Pomanto, dan mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin serta Rektor Unhas Prof Dr Dwia Ariestina P.

Sejumlah ucapan duka juga diucapkan dan ditulis di akun media sosial para tokoh dari berbagai daerah di Indonesia yang namanya dikenal di tingkat nasional. Mereka di antaranya Teten Masduki (pendiri Transparancy International Indonesia dan ICW), Ulil Abshar Abdalla (aktivis Jaringan Islam Liberal), dan Sekjen Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Abdon Nababan.

Melihat latarbelakang mereka yang turut berduka tersebut menunjukkan Zohra memang dikenal memiliki jejaring yang luas dan lintas profesi. Namun bagi yang belum mengenal baik siapakah Zohra, berikut ini sekilas tentang almarhumah:

Dia adalah satu di antara aktivis pejuang dan pembela hak-hak perempuan yang dimiliki Indonesia. Lahir di Labakkang, Kabupaten Pangkep, 17 April 1952. Zohra menyelesaikan pendidikan S1-nya di FISIP Universitas Hasanuddin. Lalu melanjutkan pendidikan S2-nya di Institut Pertanian Bogor (IPB).

Saat masih kuliah di Unhas, ia aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan bergelut di identitas, lembaga pers dan penerbitan Unhas. Setamat kuliah, ia sempat bergelut sebagai jurnalis. Namanya juga tercatat sebagai salah satu dosen yang dimiliki Kopertis Wilayah IX Sulawesi.

Jiwanya yang senang dengan gerakan perubahan sosial mendorong sulung dari tiga bersaudara ini bergabung dan mendirikan sejumlah organisasi nonpemerintah (ornop). Di antaranya Yayasan Lembaga Konsumsen (YLK) Sulsel dan Forum Pemerhati Sulsel.


Anda sedang membaca artikel tentang

Siapa Zohra Andi Baso?

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2015/03/siapa-zohra-andi-baso.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Siapa Zohra Andi Baso?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Siapa Zohra Andi Baso?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger