Stok Daging Sapi Aman Jelang Idul Adha

Written By Unknown on Jumat, 19 Oktober 2012 | 12.45

Tribun Timur - Jumat, 19 Oktober 2012 12:55 WITA

JAKARTA,TRIBUN-TIMUR.COM- Menteri Perekonomian Hatta Radjasa menjelaskan stok daging menjelang Idul Adha kali ini aman. Justru peternak harus bisa memanfaatkan momentum ini.

"Stok daging sapi cukup, sangat cukup. Meski tadi tidak dibahas di rapat. Kita inginkan peternak mampu meningkatkan produksinya mumpung sekarang banyak permintaan," kata Hatta selepas Rapat Koordinasi tentang pangan di kantor Kementerian Perekonomian Jakarta, Jumat (19/10/2012).

Menurut Hatta, para peternak ini diharapkan bisa meningkatkan produksi ternaknya. Apalagi pemerintah juga ingin swasembada pangan, khususnya dari daging sapi. Dengan bisa swasembada, maka Hatta mengharapkan tidak ada impor daging sapi di masa mendatang.

"Kecuali untuk daging-daging dengan kualitas tertentu dan untuk daging olahan. Sementara stok daging sapi kita cukup," tambahnya.

Menteri Pertanian Suswono menjelaskan harga daging sapi di pasar saat ini masih normal. Pihaknya juga belum berencana impor daging karena belum ada gejolak harga daging. "Kalau ada kenaikan harga daging sapi di pasar, ini masih wajar. Ini supaya petani dapat menikmati harga yang lebih baik dibanding biasanya," kata Suswono.

Menurutnya, gejolak kenaikan harga baru akan terlihat satu pekan sebelum Idul Adha. Namun, berdasarkan laporan yang diterima, saat ini, harga daging masih stabil seperti harga normal.

Dia menambahkan dalam waktu dekat, pihaknya akan mendata berapa banyak persediaan sapi ataupun kambing yang mampu disediakan peternak lokal menghadapi hari raya Idul Adha tersebut. Menurutnya, jika stok daging mencukupi maka pemerintah, tidak perlu melakukan importasi.

Ia menilai, akan lebih baik untuk melakukan optimalisasi stok daging dari dalam negeri. "Kalau memang suplai yang ada masih menutup kebutuhan, ya impor tidak perlu ditambah. Tiga bulan sekali kami evaluasi," jelasnya. (*)

Editor : Muh. Taufik


Anda sedang membaca artikel tentang

Stok Daging Sapi Aman Jelang Idul Adha

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2012/10/stok-daging-sapi-aman-jelang-idul-adha.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Stok Daging Sapi Aman Jelang Idul Adha

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Stok Daging Sapi Aman Jelang Idul Adha

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger