Akan Tenggelamkah Jakarta Pada 27 Januari?

Written By Unknown on Kamis, 24 Januari 2013 | 12.45

Tribun Timur - Kamis, 24 Januari 2013 13:43 WITA

JAKARTA, TRIBUN-TIMUR.COM--Apakah Jakarta akan tenggelam pada 27 Januari 2013. Ini jawaban otoritas BMKG melalui Andi Arief, Staf Khusus Presiden Bid Bansos dan Bencana:

1. Tinggi air pada pasang tertinggi dan surut terendah di Muara Karang, Muara Angke, Pantai Indah Kapuk, Pantai Mutiara, Pasar Ikan, Muara Baru, Ancol, Tanjung Priok dan Cilincing bedanya 1 meter.

2. Perlu dibedakan arti tergenang dan terbenam. Daerah2 yang akan tergenang --sekali lagi, tergenang, bukan tenggelam --adalah daerah di BAGIAN UTARA Jakarta yang mengalami penurunan tanah, "land subsidence", dengan elevasi 1 s.d. 2 meter DPL (Diatas Permukaan Laut).

3. Daerah2 dengan ketinggian tanah lebih dari 5 m DPL didaerah Monas, Menteng, Tanah Abang, Senen, Cempaka tidak akan terpengaruh oleh efek air sungai yg berbalik akibat air pasang.

4. Hukum alam: Air akan selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah. Dalam 1 hari di teluk Jakarta ada air pasang selama 12 jam dan air surut selama 12 jam. Apabila air luapan dari hulu sungai terhalang oleh air pasang selama 12 jam, setelah 12 jam air akan surut dan mengalirkan air luapan dari hulu. Keterangan Firdaus Ali dari UI, bahwa "air didarat sekecil apapun tak akan bisa mengalir ke lautan" adalah tidak benar.

5. Kita perlu bekerja keras membersihkan saluran2 pengurasan air untuk mengurangi besarnya luapan hujan.

6. Bagi warga yang tinggal disekitar Kanal Banjir Barat, Cengkareng Drain dapat ikut berkontribusi membantu dinas Pekerjaan Umum menyampaikan perubahan2 yang terjadi pada turap2 beton dinding Kanal. Penurunan atau kerusakan turap akan menyebabkan runtuhnya kanal "breaching" dan menyebabkan banjir menggenangi pemukiman.

Mari kita hadapi semua ini dengan empati, solidaritas dan gotong royong.

Silakan diteruskan informasi ini. Terimakasih. ***** -UPDATE BMKG untuk Peringatan Dini Jabodetabek 23 Januari 2013 hasil pantauan citra radar cuaca hari ini pukul 15:00 WIB :

7.1. Terjadi peningkatan aktivitas pembentukan awan hujan di wilayah Bojong Gede, Cibinong, Depok, Cilangkap, Cimanggis, Semplak, Parung, Sawangan, Ciampea, Jonggol, Bogor, Grogol, Gambir, Senen, Tanah Abang, Kemayoran, Cempaka Putih, Kebon Jeruk, Penjaringan, Sunter, Tembora, Cilincing, Pademangan, dan sekitarnya

7.2. Kondisi ini diperkirakan masih berlangsung hingga pukul 19:00 WIB dan meluas ke wilayah Pamulang, Serpong, Bintaro, Pondok Aren, Ciledug, Kunciran, Ciputat, Pondok Cabe, Cilandak, Jagakarsa, Pasar Minggu, TMII, Halim PK, Ciracas, Cibubur, Pekayon, Cakung, Petamburan, Kembangan, Cengkareng, Tanggerang, Bekasi, Jatinegara, Pulo Gadung dan sekitarnya.

7.3 Bila kondisi cuaca signifikan masih berlanjut, akan dilakukan update sebelum masa berlaku peringatan dini berakhir.


Anda sedang membaca artikel tentang

Akan Tenggelamkah Jakarta Pada 27 Januari?

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2013/01/akan-tenggelamkah-jakarta-pada-27.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Akan Tenggelamkah Jakarta Pada 27 Januari?

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Akan Tenggelamkah Jakarta Pada 27 Januari?

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger