JSI Quick Count di Clarion, Adhyaksa di Santika

Written By Unknown on Senin, 21 Januari 2013 | 12.45

Tribun Timur - Senin, 21 Januari 2013 12:49 WITA


MAKASSAR, TRIBUN -- Pemilihan Gubernur Sulsel pada 22 januari menjadi pesta demokrasi yang paling hangat, dimana pilgub Sulsel menjadi barometer politik di kawasan timur Indonesia.

Bahkan dalam pilgub ini beberapa lembaga konsultan pemenangan dan Survey menggelar perhitungan cepat atau Quick Count. Seperti Jaringan Survey Indonesai dan Adhyaksa Supporting House.

Khusus untuk JSI, lembaga ini dipastikan akan melakukan perhitungan cepat hasil pilgub Sulsel, di Grand Clarion Makassar, Selasa (22/1). Perhitungan cepat ini digelar mulai pukul 14:00-17:00 wita.

"Kami mengundang teman-teman pers untuk hadir dalam pelaksanaan quick count ini," kata Direktur Riset JSI Eka Kusmayadi yang juga akan menjadi pembicara langsung dalam kegiatan tersebut, Senin (21/1)

Diketahui, JSI akan menggunakan 330 TPS dari 15 ribu lebih TPD di 24 kabupaten kota yang  menjadi Sampling  lokasi perhitungan speat pemilihan gubernur Sulsel.

"Kita telah menetapkan 330 TPS yang akan menjadi sampling perhitungan cepat, dengan metode multistage random sampling," ungkap supervision Riset JSI Imam Sanjaya.

Dia mengatakan, metodologi yang di pergunakan JSI itu mengunakan marging eror 1 persen yang di yakininya memiliki selisih kecil dari rekapitulasi perhitungan suara yang akan dilakukan KPUD.

Apa lagi JSI akan menurunkan relawan setiap TPS yang sudah menjadi titik pelaksanaan perhitungan cepat.

Namun mengenai anggaran Imam  belum bisa menyebutkan karena urusan dapur lembaga, dan menjadi etika lembaga.

Sama halnya dengan Adihyaksa. Yang juga dipastikan melakukan perhitungan cepat terkait pilgub. Perhitungan cepat itu digelar di Hotel Santika mulai pukul 14.00 sampai selesai.

Sementara, lembaga konsultan ini dalam melakukan quick count akan mengunakan metode yang sama dan menggunakan sekitar 405 TPS yang akan dipakai sebagai sampling perhitungan cepat pada pemilihan gubernur mendatang.

"Kita sudah jelas melakukan perhitungan cepat sama halnya pilkada daerah yang dilakukan," ungkap Direktur Adhyaksa Supporting House (ASHO) irfan AB mengaku perhitungan cepat nantinya ini akan mengunakan metode marging eror sebesar 1 persen. (Rud)


Anda sedang membaca artikel tentang

JSI Quick Count di Clarion, Adhyaksa di Santika

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2013/01/jsi-quick-count-di-clarion-adhyaksa-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

JSI Quick Count di Clarion, Adhyaksa di Santika

namun jangan lupa untuk meletakkan link

JSI Quick Count di Clarion, Adhyaksa di Santika

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger