Wah, Jokowi Anggarkan Dana Stiker Rp 62 Miliar

Written By Unknown on Rabu, 20 Februari 2013 | 12.45

Tribun Timur - Rabu, 20 Februari 2013 13:29 WITA

JAKARTA, TRIBUN-TIMUR.COM-- Ketua Presidium Indonesia Police Watch, Neta S Pane, meminta Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menjelaskan secara transparan tentang anggaran program nomor polisi ganjil-genap yang rencananya akan dimulai Maret 2013 ini. Sebab, Neta menyebut beredar kabar untuk pembuatan stiker bagi mobil pribadi, Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan anggaran hingga Rp 62 miliar.

"IPW menilai anggaran Rp 62 miliar untuk pembuatan stiker tersebut sangat mahal dan terlalu berlebihan. Sebab stiker yang dibuat hanya untuk 2.541.351 unit mobil pribadi di Jakarta," kata Neta, sebagaimana dikutip dalam siaran persnya yang diterima Kompas.com, Rabu (20/2/2013).

Artinya, kata Neta, harga satu buah stiker ganjil genap mencapai Rp 25.000. Neta mengatakan, anggaran itu akan lebih besar lagi jika dimasukkan biaya pembuatan rambu-rambu di 11 jalur nomor polisi genap ganjil.

"Padahal besarnya anggaran tersebut tidak akan membuat program nopol genap ganjil itu efektif, mengingat adanya empat kendala yang menghadang," ujar Neta.

Kendala tersebut, kata Neta, yang pertama adalah pihak kepolisian tidak setuju jika program nomor polisi genap ganjil dilaksanakan mulai awal Maret 2013. Kedua, jumlah aparat kepolisian yang mengawasi jalur genap ganjil belum memadai. Ketiga, pihak kepolisian meminta pengawasan di jalur genap ganjil menggunakan sistem elektronik yang online ke TMC Polda Metro tapi Pemprop DKI tidak menyetujuinya. Keempat, keberadaan angkutan umum belum memadai untuk mendukung program ini.

Untuk itu, kata Neta, IPW menilai antara Pemprof DKI dengan Polda Metro Jaya belum ada kata sepakat mengenai pelaksanaan nomor polisi genap ganjil. IPW mengimbau Gubernur Jokowi jangan terlalu memaksakan kehendaknya dan segera membatalkan program nomor polisi genap ganjil, sampai ada kesamaan pendapat antara Pemprov DKI dengan Polda Metro Jaya. Jika Jokowi tetap memaksakan program tersebut, Neta mengatakan, dikhawatirkan program itu tidak berjalan maksimal.

"Padahal anggaran yang dikeluarkan untuk program ini sudah mencapai ratusan miliar rupiah," kata Neta.


Anda sedang membaca artikel tentang

Wah, Jokowi Anggarkan Dana Stiker Rp 62 Miliar

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2013/02/wah-jokowi-anggarkan-dana-stiker-rp-62.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Wah, Jokowi Anggarkan Dana Stiker Rp 62 Miliar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Wah, Jokowi Anggarkan Dana Stiker Rp 62 Miliar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger