KPPU Ancam Perbankan

Written By Unknown on Kamis, 28 Maret 2013 | 12.45

Tribun Timur - Kamis, 28 Maret 2013 13:18 WITA

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM--Tim kajian dan monitoring KPPU, saat ini tengah mengkaji lebih dalam mengenai indikasi terjadinya kartel di industri perbankan. KPPU tengah dalam penyelidikan atas tingginya suku bunga yang diakibatkan overhead cost atau kasus kartel.

Hal tersebut diungkapkan oleh Komisioner KPPU, Syarkawi Rauf saat dikonfirmasi Tribun, Kamis (28/3/13). Menurut Syarkawi, ada beberapa indikasi yang mengarahkan institusi perbankan terindikasi praktek kartel diantaranya  tingkat bunga simpanan dan lending  yang tidak sensitif terhadap bunga acuan, termasuk bunga penjaminan dari lembaga penjamin simpanan.

Selain itu, net interest margin yang tinggi bahkan untuk beberapa skim pembiayaan mencapai dua digit seperti kredit mikro, cost to income ratio atau rasio antara biaya operasional dengan pendapatan operasional yang masih sekitar 80 persen.

Syarkawi menilai,  tingkat kedalaman sistem keuangan yang masih rendah dengan credit to GDP ratio (rasio antara kredit yang disalurkan berbanding pertumbuhan produk domestik) yang baru mencapai sekitar 50 persen dan masih rendahnya persentase jumlah penduduk yang memiliki akses terhadap sektor perbankan baik dari sisi deposit maupun lending  mencerminkan rendahnya tingkat kompetisi di industri perbankan nasional.

"Idealnya, kompetisi antar bank yang tinggi akan meningkatkan efisiensi yang tercermin pada overhead cost yang semakin rendah dan suku bunga lending yang juga semakin rendah. Sementara dari sisi deposit terdapat kecenderungan industri perbankan sangat tergantung pada deposan-deposan besar dengan bargaining power yang kuat berhadapan dengan bank sehingga mampu menegosiasikan suku bunga yang tinggi atau special rate," paparnya.

Jika terbutki indikasi kartel ini KPPU tidak akan segan memberikan sanksi  hukum dengan memberikan sanksi administratif berupa  denda setinggi tingginya 100 miliar atau merekomendasikan pemberhentian kebijakan.


Anda sedang membaca artikel tentang

KPPU Ancam Perbankan

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2013/03/kppu-ancam-perbankan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPPU Ancam Perbankan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPPU Ancam Perbankan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger