Hari Tani, Aktivis Tani: Hentikan Eksploitasi Petani

Written By Unknown on Selasa, 24 September 2013 | 12.45

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM - Bertepatan dengan peringatan Hari Tani, Selasa (24/9/2013), Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Wilayah Sulsel menyampaikan pernyataan sikap. Presidium KPA, Abdul Karim dan Asmar Ekswar meminta penghentian ekploitasi petani untuk kepentingan pembangunan dan politik. Para elite memanfaatkannya pada momentum pesta demokrasi lima tahunan. Ketika pesta itu berakhir, kesejahteraan mereka diabaikan.

Berikut selengkapnya isi pernyataan sikap tersebut yang diterima tribun-timur.com:

Hentikan Eksploitasi Petani, Perbaiki Mutu Hidup Petani
Hari Tani, 24 September 2013

Petani selalu menjadi korban eksploitasi pembangunan dan politik. Mereka tak pernah disejahterahkan. Otonomi daerah yang diharapkan menjadi momentum perbaikan kualitas hidup petani, sampai kini tak jua membuahkan hasil.

Di Sulsel Petani selalu menjadi komoditas politik oleh para elit politik lokal. Ketika moment Pilkada atau pemilu, para petani dicari, lalu dijanjikan kesejahteraan. Usai pilkada atau pemilu mereka tak dihiraukan lagi. Mereka dibiarkan menderita berkepanjangan. Mereka dimiskinkan.

Selain itu, di Sulsel, petani senantiasa menjadi instrumen pencitraan politik pemerintahan lokal. Pemerintah selalu berteriak bahwa Sulsel surplus pangan, tetapi alokasi anggaran pembangunan untuk pertanian sangat nihil, dibawah 20 persen APBD Sulsel. Ini sangat ironis.

Petani, tak pernah dihiraukan, mreka selalu dialienasi. Mereka selalu dieksploitasi. Ketika RAPBD dirumuskan, nama-nama petani diakomodasi, tetapi setelah dana pembangunan itu cair, petani tak dialienasi.

Semua itu adalah cara-cara dan praktek nyata eksploitasi petani. Oleh karena itu, kami meminta pemerintah Sulsel untuk menghentikan eksploitasi petani. Kami meminta pemerintah Sulsel untuk bertindak nyata dalam peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup petani.

Makassar, 24 September 2013

Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Wilayah Sulsel

Abdul Karim
Presdium,-

Asmar Ekswar
Presedium,-


Anda sedang membaca artikel tentang

Hari Tani, Aktivis Tani: Hentikan Eksploitasi Petani

Dengan url

http://timursebrang.blogspot.com/2013/09/hari-tani-aktivis-tani-hentikan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Hari Tani, Aktivis Tani: Hentikan Eksploitasi Petani

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Hari Tani, Aktivis Tani: Hentikan Eksploitasi Petani

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger